Penemuan Baru Mahasiswa Undip, Sterilisasi Susu Kambing Berteknologi Ozon

Karya mahasiswa Undip (Universitas Diponegoro) ini bisa membantu peternak kambing yang sering terkendali masalah pengawetan susu kambing hasil ternak mereka. Adalah Rima Dewi Anggraeni, Savitri Rachmawati, dan Hidayat Nur Arkhamtito yang sukses menemukan teknologi baru pengawetan susu kambing PE (peranakan Etawa) agar lebih berkualitas di banding teknik pengawetan sebelumnya.
Susu kambing PE dengan segala khasiatnya banyak dicari masyarakat, namun sayangnya peternak kerap mengeluhkan proses pengawetan yang membuat ketahanan susu kambing itu lebih rendah. Sebelumnya pengawetan yang dipakai adalah dengan pasteurisasi serta pembekuan susu. Namun cara itu membawa dampak negatif yakni susu jadi bau prengus, kurang steril dan proteinnya sebagian rusak dan berkurang.
Ketiga mahasiswa Undip itu pun berinovasi dan menemukan cara lain pengawetan susu kambing PE tanpa proses pasteurisasi dan pembekuan, yakni dengan pemanasan metode ozon.
Disebut oleh Rima, proses dengan teknologi ozon ini lebih baik karena bakteri patogen bisa hilang. Selain itu susu juga awet lebih lama dan aroma khas kambing bisa diminimalisir. Kandungan protein pun tak berkurang akibat pemanasan berlebihan.
Ozon sendiri merupakan oksidator yang bisa membunuh bakteri dari susu kambing, walau tidak melalui pemanasan. Hasil samping dari pemakaian teknologi ozon ini, adalah lepasnya H2O serta O2 ke udara sehingga ramah lingkungan.
Alat sterilisasi yang diciptakan oleh mahasiswa Undip ini diharapkan bisa segera diperbanyak dan bisa dimanfaatkan oleh peternak kambing PE lain di seluruh tanah air.
sumber: http://www.iberita.com/78396/penemuan-baru-mahasiswa-undip-sterilisasi-susu-kambing-berteknologi-ozon

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penemuan Baru Mahasiswa Undip, Sterilisasi Susu Kambing Berteknologi Ozon"

Post a Comment