Pura Ulun Danu Bratan: Salah Satu Pura Yang Wajib di Kunjungi Kalau ke Bali

Pura Ulun Danu - Masih seputar Bali, Sewaktu di Bali saya berkesempatan juga untuk mengunjungi Kawasan Danau Bedugul dimana salah satu spot unggulan nya ialah Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu merupakan salah satu pura terindah yang ada di pulau Bali. Jadi tidak salah jika Pura Ulun Danu ini diabadikan dalam desain uang Rp50.000,-. Yuk simak Pura Ulun Danu Bratan: Salah Satu Pura Yang Wajib di Kunjungi Kalau ke Bali selengkapnya

Pura yang Instagramable
Selain menjadi tempat ibadah, pura ulun danu juga menjadi tempat favorit para wisatawan asing maupun lokal di karenakan di Kawasan Pura Ulun Danu terdapat 5 pura dan 1 stupa budha, yaitu;

1.Pura Penataran Agung
Pura ini dikhususkan untuk menyembah Sivha, Sadha Shiva, Parama Shiva didirikan oleh I Gusti Agung Putu sebelum tahun 1556 saka (Ulun Danu). Desain arsitek yang unik  menjadikan pura ini sebagai salah 1 spot foto favorit para pengunjung.

2. Pura Dalem Prajapati
Source : ulun danu beratan
Terdapat pohon Banyan yang besar sebagai penanda pura. Fungsi dari pura ini sebagai istana dewi "Dewi Durga".

3. Pura Dalem Purwa
Ada tiga Kuil utama, Pelinggih Dalem Purwa sebagai istana dan untuk memuja dewi “Dewi Durga” dan dewa “Dewa Ludra” sebagai sumber kemakmuran. Gerbang pura ini sangat khas sekali dikarenakan memiliki corak dan ukiran yang menarik.

4.Pura Taman Beji
Source : ulun danu beratan
Pura Taman Beji berfungsi untuk air suci “Tirta” dan memohon serta memurnikan upacara “Ngebejiang atau Melasti” oleh masyarakat sekitar.

5. Stupa Buddha
Source : ulun danu beratan
Stupa Buddha ini memiliki makna atau melambangkan kerukunan beragama. Selain memiliki makna yang dalam, desain arsitektur dari Stupa Buddha ini juga menjadi daya tarik para pengunjung.

6.Pura Lingga Petak
Dua pura yang disebut "Tengahing Segara Temple" dengan 11 atap diabdikan untuk memuja Wisnu dan Dewi Danau “Dewi Danu”. Dan disamping nya ada Pura Lingga Petak Dengan 3 atap. Pura Lingga Petak menjadi icon dari kawasan pura ulun danu.

Tiket Masuk
Anak-anak (domestik): IDR 15.000, -
Dewasa (domestik): IDR 20.000, -
Anak-anak (turis): IDR 25.000, -
Dewasa (turis): IDR 50.000, -
(Update Juli 2018)

Parkir
Sepeda motor: IDR 2.000, -
Mobil pribadi: IDR 5.000, -
Bus: IDR 10.000, -
(Update Juli 2018)

Sekian catatan Perjalanan dari rilstory tentang Pura Ulun Danu Bratan: Salah Satu Pura Yang Wajib di Kunjungi Kalau ke Bali

0 Comments

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *